oleh

WALKOT FARM 4.0 Jakarta Barat

-Travel, Video-22 views

WALKOT FARM 4.0 dibangun dalam rangka mengembangkan konsep pertanian perkotaan (urban farming) di Ibukota yang bertujuan untuk mendorong pelaksanaan pertanian perkotaan dan pemanfaatan lahan kosong serta membantu peningkatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) lewat aktivitas budidaya, pengolahan, pemasaran, dan pendistribusian bahan pangan yang berasal dari tanaman, hewan dan ikan serta produk olahannya yang terjadi di dalam dan di sekitar perkotaan.

Penyelenggaran urban farming di lingkungan Kantor Walikota Administrasi Jakarta Barat melalui Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat diselenggarakan berkat kerjasama jajaran Perangkat Kerja Kota Administrasi Jakarta Barat yang terdiri dari Sekretariat Kota, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Bina Marga, Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, Suku Dinas Kominfotik, Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, 8 Kecamatan Kota Jakarta Barat dan TP, PKK Kota Jakarta Barat.

Walkot Farm 4.0 ini dicanangkan oleh Walikota Administrasi Jakarta Barat, H. Rustam Effendi, pada Jumat 13 Desember 2019 di halaman Kantor Walikota. Walkot Farm 4.0 merupakan metode pertanian berbasis teknologi. Area tanam memanfaatkan lahan di depan Kantor Walikota Jakarta Barat dimana terdapat tempat bermain anak, belajar komposting, stand 8 kecamatan dan berbagai jenis tanaman toga serta buah. Tanaman ditanam dengan metode hidroponik dan konvensional. Jenis tanaman yang ada di Walkot Farm 4.0 ini di antaranya adalah tomat, cabai, terong dan lain sebagainya. Setiap tanaman dilengkapi dengan kertas barcode yang dapat dipindai untuk mengetahui manfaatnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed