Scroll untuk baca artikel
WPDealer 160x600
Vroperty 160x600
MotorOtomotif

Cara Merawat Kaliper Rem Cakram Motor

84
×

Cara Merawat Kaliper Rem Cakram Motor

Sebarkan artikel ini

Apa yang digunakan untuk membersihkan kaliper rem sepeda motor?

Rem Cakram Roda Depan Motor
Rem Cakram Roda Depan Motor

Sistem rem pada kendaraan sepeda motor terdiri dari berbagai jenis komponen yang terdapat di dalamnya. Ada yang namanya master rem, piringan, selang rem, handel, kampas rem, dan kaliper.

Kinerja pengereman akan menjadi terganggu jika salah satu bagian dari sistem tersebut mengalami kerusakan atau keausan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kaliper rem terkadang menjadi bagian yang luput dari perawatan lantaran posisinya yang berada di bawah. Kegunaan dari kaliper rem adalah untuk menjepit piringan dengan piston yang terdapat di dalam kaliper.

Perawatan kaliper rem ini bisa dilakukan sewaktu penggantian kampas rem yang sudah menipis. Kaliper juga perlu diservis sekalian ketika mengganti kampas rem.

Meskipun begitu, bila sudah merasakan keanehan pada rem cakram motor, terlebih saat musim hujan seperti sekarang ini, maka tak ada salahnya untuk mengecek komponen yang satu ini.

Langkah perawatan kaliper rem yang paling sederhana adalah dengan membersihkan piston kaliper. Seusai berkendara ketika hujan turun dan melewati genangan air, sebaiknya langsung disiram dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan pasir-pasir halus yang menempel di kaliper.

Saat mengganti kampas rem, bersihkan piston dengan lap basah. Jangan pakai bensin karena bisa mengakibatkan rusaknya karet sil dan kebocoran minyak rem. Bila gerak piston sudah mulai seret, dapat digunakan oli baru untuk melumasi piston kaliper. Kotoran yang dibiarkan menumpuk bisa menjadi penyebab piston kaliper macet atau seret.

Selain piston, di dalam kaliper rem terdapat juga sil piston. Sil piston yang terbuat dari karet dapat getas dan bocor karena terkena perubahan suhu. Gejala sil rusak bisa dilihat dari piston rem yang basah karena minyak rem yang bocor. Selain itu, dapat juga dengan menekan tuas rem untuk memeriksa apakah terjadi kebocoran minyak rem atau tidak.

Gunakan minyak rem yang sesuai dengan spesifikasi. Dapat memakai minyak rem DOT 3 atau DOT 4. Selain kedua jenis minyak rem tersebut, apabila digunakan akan kehilangan daya dorong piston terutama saat suhu kaliper sudah panas.

Demikian informasi mengenai cara perawatan kaliper rem pada sepeda motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *