Scroll untuk baca artikel
WPDealer 160x600
Vroperty 160x600
Munadi.ID
SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1446 HIJRIAH | MAU NGIKLAN BARANG BARU/BEKAS & GRATIS? PASANG IKLAN AJA DI MUNADI.ID ADS
PerantiRumah

Cara Menghemat Listrik pada Mesin Cuci

122
×

Cara Menghemat Listrik pada Mesin Cuci

Sebarkan artikel ini

Tips Hemat Listrik Menggunakan Mesin Cuci

Mesin Cuci Bukaan Atas
Mesin Cuci Bukaan Atas

Salah satu langkah untuk mengurangi pemakaian listrik di rumah adalah dengan memilih peralatan rumah tangga yang berlabel hemat energi. Seperti mesin cuci misalnya. Namun, hal lain perlu diperhatikan pula yaitu masalah bagaimana Anda menggunakan peranti tersebut.

Kalau kita sudah memilih peranti mesin cuci yang benar, maka tahap berikutnya adalah memakai mesin cuci tersebut secara tepat sehingga pengeluaran listrik di rumah bisa dihemat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Nah, berikut ini 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik pada mesin cuci dengan harapan agar tagihan listrik PLN di rumah tidak melonjak naik.

1. Memaksimalkan Kapasitas Mesin Cuci

Sebagai contoh jika keluarga Anda hanya terdiri dari 2 orang saja, maka kita tidak perlu untuk mencuci pakaian dalam setiap harinya. Namun, akan lebih baik bila kita menunggu hingga cucian kotor banyak terlebih dahulu, barulah setelah itu kita mencucinya.

Tetapi perlu diingat agar tidak melebihi kapasitas mesin cuci juga. Jangan terlalu padat memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Pokoknya disesuaikan saja dengan kapasitas mesin cuci yang ada di rumah.

2. Memanfaatkan Sinar Matahari yang Tersedia

Ketimbang kita mengeringkan pakaian sampai 2 putaran menggunakan tabung pengering pada mesin cuci, bukankah kita ada baiknya untuk memanfaatkan sinar matahari yang ada.

Terlebih lagi jika di siang hari tersebut cuaca sedang bagus sehingga sepanjang hari matahari bersinar dengan terik.

Beda cerita jika kita sedang berada di musim hujan dimana hujan lebih sering turun. Mau tidak mau kita perlu juga untuk menggunakan pengering agar pakaian lebih mudah kering meskipun cuaca sedang tidak bersahabat.

Kiranya itu tadi 2 cara menghemat listrik pada mesin cuci yang bisa dibagikan di artikel kali ini. Bila pembaca memiliki tips atau cara yang lain sesuai dengan pengalaman masing-masing, boleh menuliskannya di kolom komentar di bawah postingan ini.

Demikian artikel tentang cara menghemat listrik menggunakan mesin cuci di rumah yang singkat ini, semoga ada manfaatnya. Mohon maaf atas segala kekurangan yang ada. Sampai jumpa di artikel mengenai mesin cuci lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *